7 Komponen Pokok dalam Komputer Beserta Penjelasan

7 Komponen Pokok dalam Komputer Beserta Penjelasan - Selamat siang.. Saya Icha, dan saya kuliah di PIKMI Jember guys.. Berhubung saya lagi dapat tugas untuk post matakuliah Maintenance pertemuan 2 nih guys.. Maka sekarang saya akan share tentang 7 komponen pokok dalam komputer. Jadi biar kalian gak bingung nih guys, saya juga akan menjelaskan pengertian dari komponen-komponen tersebut. Dan saya juga akan memberikan contoh gambar komponen tersebut.

1. Motherboard
Motherboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen seta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem Motherboard, pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain


2. Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Bagian dari Processor yang terpenting terbagi jadi 3 yaitu, Aritcmatics Logical Unit (ALU), Control Unit (CU), Memory unit (MU)


3. Ram
Ram biasa disebut dengan Memori computer, yang merupakan bagian terpenting dari komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan sebagai program maupun sebagai penyimpanan data yang diproses oleh CPU.


4. Harddisk
Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetic pada jaringan metal yang berputar yang terintegrasi. Untuk melakukan operasi baca tulis data diri dan kerpiringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya yang berada di setiap piringan. 


5. VGA
VGA kepanjangan dari Video Graphics Accelerator yang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki processor yang disebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory. VGA juga berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.



6. CD Room dan Sound
CD Room hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Sesuai dengan namanya ROM (Read Only Memory), data di dalam CD Room tidak bisa dihapus sehingga CD Room tidak bisa dihapus atau direkam pada alat CD Writer yang biasa kita miliki.


7. Power Supply Unit (PSU)
Power Supply Unit adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan. Input Power Supply berupa arus bolak-balik sehingga harus mengubah tegangan. Power Supply berupa kotak yang umumnya ditetapkan dibagian belakang atas casing.


7 Komponen Pokok sebuah Komputer -  Sebenarnya sangat banyak materi yang saya dapatkan di PIKMI ini guys.. Tapi mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini guys.. Mungkin lain kali saya akan post materi lainnya..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Komponen Pokok dalam Komputer Beserta Penjelasan"

Posting Komentar